SEKILAS INFO
: - Selasa, 30-11-2021
  • 2 bulan yang lalu / MTsN 2 PONTIANAK PERTAHANKAN PIALA  LOMBA CERDAS CERMAT PERMUSEUMAN
  • 5 bulan yang lalu / PENGUMUMAN PPDB TAHAP 2 JALUR REGULER MTs NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
  • 5 bulan yang lalu / MTs NEGERI 2 PONTIANAK RAIH PRESTASI NASIONAL  AJANG OMNAS 10 ONLINE  EMERALD EDUCATION CENTER
Program Menulis Antologi, Empat Guru MTs. Negeri 2 Pontianak Ikut Menulis

Kamis, 710-2021

Menulis Antologi (Magi) merupakan kegiatan guru-guru se-Kalimantan Barat dalam menuangkan kisah dan pengalaman menjadi seorang guru. Ada empat guru MTs. Negeri 2 Pontianak yang bergabung dalam ruang menulis ini yang diwujudkan dalam sebuah buku antologi. Buku antologi ini merupakan kumpulan karya guru-guru Kalimantan Barat yang diterbitkan oleh Pustaka literasi Indonesia.

Buku yang teridiri dari  42 judul dari 42 guru berisikan pengalaman guru-guru dengan induk judul Jejak Pertama Sang Guru. Ada empat guru MTs. Negeri 2 Pontianak  yang tulisannya ikut memberikan khasanah pengalaman di dalammnya.  Sehari-harinya mereka mengajar mata pelajaran yang berbeda-beda. Hj. Masleni, S. Pd. dan Hj. Nyai Siti Ruqoyah adalah guru Bahasa Indonesia dengan masih –masing tulisannya “Langkahku Mengejar Impian” dan” Guru Adalah Pilihan Hidupku”.  Endah Nurbaiti, S. Pd. M. Pd., beliau guru IPA menulis pengalaman dengan judul “Sepenggal Kisahku di Tanah Rantau”. Kemudian terakhir Nji Junia Sufiantika, M. Ed., menaburkan pengalamannnya menjadi judul tulisan” Keterpaksaan yang Berakhir Indah”.

Sebelumnya keempat guru ini mengikuti  pelatihan menulis antologi pada tanggal 21 Juni 2021. Program yang digagas oleh Panitia Program Menulis Antologi, khusus guru yang difasilitasi oleh Pustaka Literasi. Pelatihan tersebut dilakukan dengan  jarak jauh via zoom. Guru-guru diberikan teori  menulis kisah.  Bagaimana membuat kontek atau mengawali cerita, memaparkan inti cerita atau aksi tokoh, dan menutup cerita atau membuat ending cerita.

Menurut ibu Endah, panggilan akrabnya, program menulis antologi ini dapat mengasah kemampuan untuk berkarya dalam bentuk tulisan. Selain motivasi untuk diri sendiri, semoga juga dapat memotivasi warga madrasah untuk menulis. Senada dengan ibu Endah, Kepala MTs. negeri 2 Pontianak, sangat mengapresiasi rekan-rekan guru yang sudah berhasil menulis. Dengan menulis kita dapat berbagi wawasan dan pengalaman. Semoga semakin banyak guru-guru MTs. Negeri 2 Pontianak yang mampu berkarya dalam bentuk tulisan, katanya. Semoga. (Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

MTsN 2 Pontianak