SEKILAS INFO
: - Sabtu, 27-11-2021
  • 2 bulan yang lalu / MTsN 2 PONTIANAK PERTAHANKAN PIALA  LOMBA CERDAS CERMAT PERMUSEUMAN
  • 5 bulan yang lalu / PENGUMUMAN PPDB TAHAP 2 JALUR REGULER MTs NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
  • 5 bulan yang lalu / MTs NEGERI 2 PONTIANAK RAIH PRESTASI NASIONAL  AJANG OMNAS 10 ONLINE  EMERALD EDUCATION CENTER
Program Inovasi Madrasah : MTs.N 2 Pontianak Mendapatkan Pendampingan Pusdiklat

Kamis, 411-2021

Gazebo Literasi, merupakan program yang digagas Tim Inovasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak.  Ide pemanfaatan gazebo sebagai  ruang literasi melalui  diskusi dengan tim lingkungan.  Dari  diskusi tersebut di sepakati untuk memanfaatkan gazebo madrasah tidak hanya sebagai tempat bersantai, namun  ruang kreasi dan literasi bagi warga madrasah.

Pada bulan September tim Inovasi dan Tim lingkungan mulai merancang perubahan yang dilakukan pada gazebo. Perubahan dilakukan  dengan memperhatikan keindahan, menyediakan wadah berkreasi, cinta alam, dan ilmu pengetahuan, serta penguatan potensi diri dan kepribadian. Dengan semangat kebersamaan terwujudlah sebuah Inovasi yang menjadikan gazebo sebagai tempat santai, ruang kreasi, dan literasi.

Program Gazebo Literasi merupakan tindak lanjut dari beberapa guru yang telah mengikuti Diklat dari Pusdiklat Jakarta. Oleh karena itu, Selasa (2/11), Program Inovasi MTs. Ngeri 2 Pontianak mendapat kunjungan pendampingan dari Pusdiklat Jakarta. Hadir dari Pusdiklat, Pak  Syafnedi dan  Pak Ahamd Zubed. Acara  kunjungan di awali dengan suguhan tarian persembahan dari siswa  MTs. Negeri 2 Pontianak. Selanjutnya Tim Pendampingan bergerak melihat-lihat “gazebo Literasi” sebagai Program Inovasi  MTs.   N 2 Pontianak. Acara di lapangan di akhiri dengan foto bersama dan akan dilanjutkan dengan dengan acara paparan Tim Inovasi di Aula Asrama setelah shalat dzuhur.

Dalam paparannya, Kepala MTs. N 2 Pontianak, Hj. Yuliana, M. Pd menyampaikan bahwa Program Gazebo Literasi bertujuan menjadikan gazebo sebagai ruang belajar yang menyenangkan yang akhirnya mampu menjaga keberlanjutan pembelajaran, menumbuhkan budaya literasi,  meningkatkan kapasitas warga madrasah yang mampu berinovasi dan berpikir kritis, serta memperkuat kepribadian seluruh warga madrasah.

Dalam arahannya kepada  tim Inovasi dan Tim Lingkunagn, Pak Syafnedi, dari Pusdiklat Jakarta menyampaikan bahwa Pendampingan dilakukan guna melihat seberapa jauh implementasi dari Diklat yang didapat. Inovasi yang dilakukan sebagai tindak lanjut dan terapan dari pelatihan. Semuanya mengerucut pada tujuan bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi siswa tentunya akan memberikan kenangan sebegitu bagusnya kita memberikan layanan pendidikan bagi mereka. Kemudian beliau menyarankan agar gazebo literasi dapat dilengkapi dengan biografi guru yang ditulis oleh guru. Akhirnya beliau berharap semoga inovasi yang dilakukan  menjadi bagian dari pengabdian kita kepada siswa dan dunia pendidikan. Aamiin. (Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

MTsN 2 Pontianak