SEKILAS INFO
: - Selasa, 30-11-2021
  • 2 bulan yang lalu / MTsN 2 PONTIANAK PERTAHANKAN PIALA  LOMBA CERDAS CERMAT PERMUSEUMAN
  • 5 bulan yang lalu / PENGUMUMAN PPDB TAHAP 2 JALUR REGULER MTs NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
  • 5 bulan yang lalu / MTs NEGERI 2 PONTIANAK RAIH PRESTASI NASIONAL  AJANG OMNAS 10 ONLINE  EMERALD EDUCATION CENTER
Berjuang di KSM Tiga Siswa Utusan MTs.N 2 Pontianak Tetap Semangat

Senin, 238-2021

Tiga orang siswa MTs. Negeri 2 Pontianak  mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021. Kompetisi ini  dilaksanakan pada Minggu, 22 Agustus 2021,  secara online. Ketiga siswa tersebut mengikuti kompetisi dengan mata pelajaran yang berbeda. Muhammad Fairuz Wicaksono, siswa kelas 8 ini utusan madrasah bidang lomba  matematika. Sementara M. Fathir Nur adzim, siswa kelas 9, adalah utusan madrasah bidang IPA. Ketiga, Muhammad Davi Purnomosidi, beliau utusan bidang IPS.

Ketiga siswa ini mengikuti lomba secara online yang dipusatkan pelaksanaannya di ruang Meeting (Meeting Room) MTs. Negeri 2 Pontianak. Ini dilakukan untuk meminimalisir kendala-kendala secara teknis pada saat pelaksanaan. ”Kita berharap dengan besarnya kafasitas wifi    madrasah kendala singnal dan kendala teknis lainnya tidak terjadi. Dengan demikian, siswa akan lebih fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan soal-soal kompetisi ini.” ungkap salah satu pembimbing,  ibu Endah.

Kompetisi Sains Madrasah ini dilaksanakan sejak pukul 07.30 dan berakhir pukul 14.30. Mata Pelajaran matematika  mendapat giliran pertama yakni dari pukul 07.30-09.30. Menurut Fairuz, secara teknis tidak ada kendala. Hanya saja kondisi soal diuji coba sangat berbeda dengan kompetisi yang sebenarnya. Soal matematika terintgrasi dirasakan lumayan sulit karena banyak ayat-ayat Al-Quran yang memang harus dihapal. Pada pukul 10.00-12.00 giliran mata pelajaran IPA. Keadaan yang sama juga dirasakan Fathir yang ikut dibidang IPA. Dia juga merakan kesulitan menghubungkan soal dengan ayat-ayat Al-Quran. selain itu, ada juga soal  yang deskripsikan menggunakan bahasa Arab, sangat membingungkan. Kalau bahasa Inggris masih bisa di atasi, katanya. Terakhir mata pelajaran IPS, dari pukul 12.30-14.30. “Memang ada soal yang menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris, saya kesulitan menentukan ayat ke berapa dari soal itu dalam Al-quran. Meskipun ada beberapa soal yang lupa ayatnya, selabihnya bisa dikerjakan” Ungkap Davi panggilan akrabnya.

Pada saat lomba siswa didampingi tiga orang guru pembimbing. Ibu Endah Nurbaiti, S. Pd. M. Pd., sebagai pembimbing mata pelajaran IPA, Ibu Dra. Nji Junia Sufijantika, M. Ed., sebagai pembimbing mata pelajaran matematika, dan ibu Susanti, S. Pd., sebagai pembimbing mata pelajaran IPS. Hadir pula Kepala MTs. Negeri 2 Pontianak, Hj. Yuliana, S.H., S. Pd., M. Pd.  Beliau sangat bangga dengan usaha yang sudah dilakukan siswa-siswanya. Mereka sudah sudah berjuang dengan susah payah menyelesaikan soal agar berhasil dan memberikan nama baik untuk madrasah, semoga mereka berhasil, ungkapnya. Semoga. (Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

MTsN 2 Pontianak